Halaman

Jumat, 17 Desember 2010

Success = Method + Intentionality + Consistency


Hanya beberapa minggu menjelang Tahun Baru, keinginan dan resolusi yang kita inginkan untuk diri kita sendiri pelan pelan menghilang. Satu dari dua hal terjadi: Anda tidak pernah memulai, atau Anda sudah ragu dengan hal tersebut.

Tidak memulainya sama sekali adalah hal yang biasa terjadi. Bahkan dengan segala antusias dan semangat yang kita miliki tentang tahun baru, keinginan berlibur dan berusaha untuk kembali ke kegiatan rutin seperti biasa membuat sulit untuk menyesuaikan tujuan-tujuan tersebut ke dalam jadwal yang lama. Tujuan awalnya ditetapkan tampaknya terlalu sulit untuk dimulai, dan kita sedang sibuk dan terganggu oleh tugas-tugas rutin. Kita selalu mengatakan pada diri sendiri jangan khawatir! Selalu ada besok atau bahkan, masih ada tahun depan.

Alasan bahwa resolusi menguap begitu saja. Kita selalu dapat memperkirakan bahwa aktivitas meningkat diawal tahun. Bahkan Januari 1 dan 2 adalah dua hari tersibuk pulang dari liburan. Mengunjungi kelompok penurunan berat badan, mengikuti program berhenti merokok, menelusuri situs kencan, merencanakan keuangan, mengunjungi konsultan karir dan bekerja kelompok untuk membuat laporan kahir tahun. Dengan kata lain aktivitas yang sangat tinggi pada minggu pertama tahun ini.

Semua orang menginginkan perubahan positif, sehingga kita mulai tahun baru seolah olah tidak ada hambatan dan ingin melakukan semua yang kita resolusikan. Sayangnya hasilnya tidak sesuai dengan semangat awal. Ketika kita tidak mendapatkan perubahan yang cepat, kita kehilangan motivasi. Setelah beberapa minggu berlalu dan aktivitas mulai menurun dan kembali ke rutinitas lama. Dan hanya menunggu January tahun mendatang. Hasilnya adalah seperti tahun tahun sebelumnya kita gagal untuk membuat perubahan yang diinginkan

Tahun Baru memotivasi kita untuk memulai sesuatu yang baik. Tapi kita perlu mengembangkan kebiasaan berperilaku yang sukses. Anda dapat memperbaiki motivasi berkurang dan mengembangkan kebiasaan sukses dengan teknik sukses dibawah ini :

1. Action : Melakukan tindakan hari ini. Kita tidak dapat melakukan perubahan hanya dengan berpikir tentang perubahan, akan tetapi dengan melakukan sesuatu.
2. Bite-size : Bagi semua aktivitas kita kedalam aktivitas yang lebih kecil sehari hari. Sangat menakjubkan, suatu aktivitas yang kecil akan menghasilkan hasil yang luar biasa tanpa kita sadari. Jika kita ingin melakukan semuanya, kita tidak akan pernah memulai atau tidak bisa melakukannya karena terlalu banyak. 
3. Consistency : Dengan melakukan tindakan tindakan kecil yang konsisten maka akan terakumulasi dan mendapatkan hasil yang luar biasa.

Pernah kita berpikir tentang uang receh ratusan rupiah yang selalu berbunyi disaku saat berjalan setelah menerima kembalian dari penjaga toko saat anda membeli sebungkus rokok?? Setelah sampai rumah, kita taruh didalam botol besar. Dan kita lakukan kebiasaan tersebut setiap hari. Tanpa kita sadari dari hari ke hari melakukan hal tersebut dan betapa menakjubkan botol besar sudah penuh dengan uang receh. Dan jumlahnya beberapa ratus ribu rupiah. Jika kita ingin menciptakan perubahan yang besar lakukanlah tindakan tindakan kecil dan konsisten.

Success = sum(Small Actions) + Consistency 
Sum(Small Actions) = Result 
Result = Method + Intentionality
Success = Method + Intentionality + Consistency
Go to Great.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar