Halaman

Sabtu, 18 Juli 2009

Your Life




the Question: Why Me?

the Answer: Why not you?

Kenapa Saya? Dapat menjadi pertanyaan yang bagus untuk ditanyakan. Sering orang berpikir saat bertanya “kenapa saya?” kita tidak mencari jawaban yang benar. Disamping mencari penyelesaian atau mencari jalan keluar untuk memperbaiki situasi, kita juga complain untuk tidak menjadi korban. Kebiasaan ini mendorong kita kepada pandangan hidup kita yang sempit yang menghambat kita untuk melihat pandangan seluruh kehidupan. Ini seperti melihat film dimana, mata kita dipaksa fokus kepada layar. Dan kita tidak dapat melihat apa yang sebenarnya terjadi di sekeliling kita.

Ketika kita bertanya” kenapa saya”, kita membiarkan diri kita untuk memaksa melihat gambar yang ada di layar, “kenapa saya”. Padahal masih ada gambar yang lebih luas untuk dilihat dari pada suatu sudut pandang saja “kenapa saya”. Dalam kehidupan ini adalah reaksi yang natural, bereaksi ”kenapa saya”. Disamping bereaksi kepada kehidupan, perlahan lahan, dan melihat gambar secara keseluruhan.

Disamping membiarkan diri kita untuk mendorong ke sudut pandang tersebut, alihkan kembali dan jujur kepada kehidupan kita. Lihat secara keseluruhan.

Apa pilihan dan yang kita lakukan yang dapat memberikan kontribusi kepada situasi sekarang Pelajaran apa yang kita dapat?

Pilihan dan tindakan yang kita ambil dari sini adalah membimbing kita kepada keadaan yang lebih baik.

Kebenarannya adalah kita tidak selalu harus bertanggung jawab kepada lingkungan dan kita tidak harus mengawasi secara keseluruhan, kita hanya mengawasi pilihan untuk bergerak maju. Ketika kita memutuskan untuk jujur pada kehidupan kita, kita telah memutuskan perlahan lahan dan melihat semua sudut pandang yang ada. Kita memutuskan untuk belajar dari kejadian kejadian di kehidupan kita dan memilih reaksi yang bijaksana, daripada bereaksi sebagai korban.

Hidup akan selalu diisi dengan kelebihan dan kekurangan. Sebagian dari kita mempunyai bakat sedangkan yang lain tidak. Sehubungan dengan lingkungan kita, kita akan selalu memiliki pilihan. Untuk memahami pilihan yang ada pada kita dan hidup lebih baik secara konsisten, kita harus melihat seluruh sudut pandang. Kita harus jujur kepada kehidupan kita. Jangan biarkan diri kita berpaku pada satu sudut pandang walaupun kita bisa complain apa yang terjadi pada diri kita. Seperti I Ching katakan, kejadian tidaklah penting, akan tetapi respons terhadap kejadian adalah segalanya.

Ini adalah perbedaan antara hidup dengan reaksi dan hidup untuk memilih respons. Ini adalah perbedaan berada di satu sudut, dengan sudut pandang yang sempit dan berlaku jujur kepada kehidupan kita. Hidup kita adalah gambaran diri kita. Bukankah kita ingin melihat keseluruhan gambar??? You will make it happens.

Dedicate for one of my tutor, You can do it and you will make it happens.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar